Senin, 12 September 2011


"KULIAH"
SEBATAS STATUS ATAUKAH KEINGINAN ?

Halo semuanya, Khususnya bagi para pelajar yang sekarang telah menyandang status sebagai "Mahasiswa/i". Kalian tentu mengenal kata "Kuliah" kan..? iya, kuliah sebagai lanjutan dari "Sekolah" yang kita lakukan dari semenjak TK, SD, SMP, lalu SMA yang mana kata orang masa paling membosankan dan juga masa paling menyenangkan.

Setelah SMA, bagi yang melanjutkan ke perguruan tinggi (PT) pasti akan berusaha memilih dan masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) terlebih dahulu, dan apabila tidak dapat perguruan tinggi negeri barulah masuk ke swasta. Tapi, itu bukan permasalahan yang sesungguhnya.
"Whatever you do" kalian mau memilih perguruan tinggi apa, itu terserah kalian. Tapi dibalik kalian kuliah, apakah cuman mengikuti teman-teman yang kebanyakan memilih melanjutkan kuliah, ataukah kalian dengan kesadaran sendiri ingin berkuliah menggapai cita-cita yang kalian impikan sejak kecil..?

Kita yang bisa berkuliah hendaknya jangan dipakai hanya untuk bergaya-gaya dengan menyandang status sebagai "Mahasiswa/i", jangan juga kuliah hanya dijadikan ajang untuk mencari kesenangan dengan mencoba hal-hal yang baru yang sebelumnya tidak pernah dicoba. Tapi jadikanlah kuliah kalian sebagai proses untuk menggapai impian yang sudah ada, yang sudah ingin kalian capai sejak kalian kecil. Kalian harus bersyukur kita masih bisa berkuliah dengan "Beasiswa" dari orang tua kita. banyak orang yang kurang mampu yang ingin melanjutkan kuliahnya dengan tekad dan semangat yang tinggi untuk mengubah keadaannya, tetapi tidak bisa karena adanya suatu masalah tertentu.

"Mahasiswa/i" merupakan "Agent Of Change" atau agen perubahan bagi masyarakat maupun bagi keluarganya. Dimana dia diharapkan bisa menjadi apa yang diinginkan oleh orang tuanya, menjadi sukses, dan merubah keadaan dalam keluarganya maupun dalam masyarakat.
Banyak orang yang berkuliah "telat" dalam menetukan tujuan dia berkuliah. Apa sebenarnya yang diinginkan dan dicita-citakannya dengan dia berkuliah. Itulah yang menyebabkan mahasiswa sekarang itu mengganggap kuliah sebagai status belaka yang disandang tanpa ada tanggung jawab dan kesadaran. Jangan sampai terlambat menentukan tujuan kita berkuliah, karena jika terlambat maka akibatnya akan fatal bagi masa depan kalian.
Kita mempunyai proses yang sangat panjang dalam menggapai apa yang kita inginan. Coba sesaat kita berfikir apa yang akan kita perbuat dan apa yang kita capai 4 atau 5 tahun kedepan..? Bayangkan kita seperti itu. Mungkin 5 tahun kedepan setelah saya berkuliah saya ingin bekerja dengan keahlian yang saya miliki, mencari uang yang banyak, membahagiakan orangtua, senang-senang, dll.
Ingatlah kata ini : "Pendidikan dapat merubah keadaan", pikirkan kalimat tersebut baik-baik. Karena suatu saat nanti kita akan merasakan hal yang nyata dari kalimat tersebut.

"keep going on...
move...
you can do it
change the world with education"

Tentukan arah, tujuan, tunjukkan kemampuan sejauh mana kita dapat bertahan melewati rintangan yang semakin di atas semakin berat. Apakah kita ingin melihat orang tua kita tersenyum lebar dengan penuh kebanggan ataukah tersenyum kecil dengan penuh keterpaksaan..?
Ingatlah ini untuk diri kalian sendiri. Bukan untuk orang lain. Dan jadikan ini sebagai motivasi bukan sebagai hambatan. Keep optimist..:)

Tidak ada komentar: